Ramuan Rahasia Kuno China : Pien Tze Huang yang Manjur Obati Segala Penyakit

Pengobatan tradisional China telah mengalami perkembangan sepanjang seribu tahun lamanya. Hal inilah yang membuat pengobatan tradisional China dijadikan salah satu warisan budaya yang terus diturunkan hingga jaman modern saat ini. Bahkan pengobatan ini diakui sebagai pengobatan alternatif medis oleh para ahli dunia kedokteran.

 


Dunia obat-obatan sudah dikenal sejak abad 2900 SM di daratan Mesir kuno. Kala itu, dunia medis masih sangat kental dengan kepercayaan-kepercayaan masa lampau terhadap para dewa. Di Mesir Dewa Matahari atau biasa dikenal dengan Iris/Holy Eye dipercaya oleh mayoritas kaum Mesir kuno sebagai sumber penyembuhan penyakit. Dibuktikan dari banyaknya ditemukan dalam tulisan hasil cetakan tanah liat yang berisi mantra-mantra doa pemohon keselamatan dan kesembuhan.

Cina merupakan salah satu negara yang mengenal dunia obat-obatan pada abad 2000 SM. Saat itu, terdapat seorang Kaisar yang menghabiskan banyak waktunya untuk meneliti ribuan tanaman yang berpotensi dijadikan obat herbal. Hasil penelitiannya tersebut diabadikan dalam sebuah buku berjumlah 365 halaman, Pen T-Sao. Seluruh bagian tumbuhan yang ia teliti dijadikan bahan eksperimen mulai dari akar hingga bunganya.

salah satu obat tradisional asal China yang banyak dicari oleh masyarakat adalah Pien Tze Huang. Pien Tze Huang adalah obat asal China yang terdiri dari campuran bahan-bahan alami tradisional khas China yang resepnya sangat otentik sejak pertama kali obat ini diproduksi hingga sekarang. Obat ini dikeluarkan oleh perusahaan Farmasi asal China bernama Zhang Zhou Pien Tze Huang Pharmaceutical.

Obat herbal berkemasan kuning ini memiliki 4 bahan utama yang dijadikan bahan dasar pembuatan obat, yaitu Pohon Radix Notoginising, Kantung Sekresi Kijang (Mochus), Empedu Ular dan Batu Empedu Ginjal. Keempat bahan utama ini memiliki khasiat yang berbeda-beda terhadap tubuh.
Ekstrak Tanaman Radix Notoginising membantu melancarkan peredaran darah, analgetik, dan mengobati pendarahan. Tanaman ini sangat spesial karena hanya terdapat di salah satu Provinsi di China yaitu Yunnan, khususnya kota Guangxi.

Sama seperti tanaman Radix Notoginising, kandungan mochus pada Pien Tze Huang juga berfungsi sebagai pereda rasa nyeri, membantu memperlancar aliran darah pada tubuh dan membantu menyamarkan bekas luka.

Obat ini juga dapat dijadikan obat penurun demam, karena kandungan empedu ular berkhasiat dalam proses melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan fungsi paru-paru, empedu dan hati manusia.
Apabila Anda memiliki keluhan panas dalam, kejang, batuk berdahak, maka batu empedu sapi dalam obat ini adalah penawarnya. Batu empedu sapi (Niu Huan) berfungsi juga sebagai penawar racun di dalam tubuh manusia.

Manfaat yang paling dikenal masyarakat dalam penggunaan obat ini adalah keampuhannya dalam menghilangkan bekas luka operasi secara cepat. Kandungan Mochus membantu dalam proses pembentukan jaringan kulit sehingga cepat terbentuk jaringan baru dan menyamarkan bekas luka dengan cepat.

Cara Penggunaan
Sama seperti obat kimia lainnya, obat herbal ini juga digolongkan ke dalam 2 dosis, yaitu dosis anak-anak dan dewasa. Dosis dewasa diperuntukkan bagi mereka yang berusia di atas 8 tahun, dosisnya yaitu 3 kali sehari sebanyak 2 kapsul (apabila kemasan berbentuk strip kapsul), atau 3 kali sehari dengan dosis 0.5 gram (apabila tersedia dalam kemasan butir pil). Anak-anak di bawah tahun dosisnya setengah dosis orang dewasa.

Obat ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Cara penyimpanannya sama seperti obat pada umumnya, yaitu disimpan dalam tempat yang sejuk dan kering tanpa paparan langsung sinar matahari agar kandungan obat tidak cepat rusak.